Kronologis Peristiwa Penting kota jakarta

adsense 336x280


Pada 686 Masehi. Kerajaan Tarumanegara hancur akibat serangan balatentara Kerajaan Sriwijaya. Era ke-14, Jakarta masuk ke lokasi Kerajaan Pakuan Pajajaran yang kerap disebtit Kerajaan Pajajaran, atau Kerajaan Sunda. Kerajaan Pajajaran memiiiki enam petabuhan, salah satunya pelabuhan Sunda Kalapa. Kota pelabuhan ini terdapat di Teluk Jakarta - di muara sungai Citiwung - yang disebut pusat perdagangan paling utama seiak era ke-12 sampai ke-16.


Senin, 21 Agustus 1522. Demikian utamanya, Sunda Kalapa tidak luput dari incaran orang-orana Portugis yang mulai sejak th. 1511 telah bercokol di daratan Malaka. Hasrat mereka memperoleh sambutan baik dari Raja Pajajaran. Terkecuali mempunyai urusan masalah perdagangan, Raja Pajajaran juga punya maksud memohon pertolongan beberapa orang Portugis dalam hadapi beberapa orang Islam, yang telah banyak pengikutnya di Banten serta Cirebon. Demak, saat itu, telah jadi pusat kemampuan serta penyebaran agama Islam. tempat yang bagus dan cocok untuk dijadikan tempat pariwisata di indonesia sangat banyak. hanya saja banyak orang yang tidak tahu tempat-tempat menarik yang ada di jakarta, anda dapat meminta bantu dari jakarta tour guides, komunitas ini akan membantu anda dalam menemukan tempat terbaik yang ada di jakarta tanpa meminta bayaran alias gratis.

Kesepakatan hubungan kerja juga di tandatangani pada Raja Pajajaran serta orang Portugis. Berisi orang Portugis ditzinkan membangun benteng di Sunda Kalapa, yang ditandai di pinggir sungai Ciliwung. Rabu 22 Juni 1527. Kesepakatan itu tidak bisa di terima Demak, Kerajaan Islam yang waktu itu tengah ada di puncak kejayaan.

" Sultan Demak kirim balatentaranya, yang di pimpin sendiri oleh menantunya, Fatahillah. Pasukan Fatahillah sukses menempati Sunda Kalapa pada 1527. Ketika armada Portugal datang, pasukan Fatahillah menghaneurkannya. Percuma armada Portugal itu hengkang Ke Malaka, " tutur Muhammad Isa Ansyari SS.

Dengan kemenangan itu Fatahillah menggantt nama Sunda Kalapa jadi Jayakarta. Berarti " Kemenangan Berjaya”. Tersebut momen bersejarah yang diputuskan sebagai 'hari jadl' Kota Jakarta. Kekuasaan Jayakarta pada akhirnya ada di tangan Fatahillah, serta semakin meluas hingga ke Banten jadi Kerajaan Islam. jika anda sedang mencari agen travel yang bagus yang ada di jakarta jakarta tour guides bisa menjadi pilihan anda. karena komunitas ini akan membantu anda menemukan tempat terbaik yang ada di jakarta sekaligus bisa menjadi jakarta local guide anda. komunitas ini adalah komunitas gratis yang akan membantu anda.

Th. 1595. Cornells de Houtman serta anak buahnya tiba di perairan Banten. Beberapa orang Belanda itu datang mencari rempah-rempah. Persaingan diantara mereka semakin ketat dibumbui permusuhan.

Rabu 20 Maret 1602 seseorang token serta negarawan Kerajaan Belanda, Johati van Oldenbarneveld, mengambil satu prakarsa menghimpun beberapa pedagang Belanda dalam satu wadah. Berdirilah serikat dagang Verenigde Oost Indische Compaqnie atau VOC. VOC adalah wadah konglomerat jaman dahulu.

Th. 1617. Beberapa orang Kerajaan Belanda diizinkan berdagang di Jayakarta. Mereka peroleh sebidang tanah di samping timur sungai Ciliwung, di perkampungan Cina. Di situ mereka bangun kantor serta benteng. Kubu pertahanan Kerajaan Belanda itu tidak disenangi orang Jayakarta, Banten ataupun Kerajaan Inggris. Mereka lalu berperang.

Th. 1619. Berlangsung pertempuran sengit segitiga pada Kerajaan Belanda, Kerajaan Inggris serta Kerajaan Portugal di pelabuhan Sunda Kalapa. Situasi Teluk Jayakarta itu sekejab jadi merah api serta merah darah. Di laut teluk banyak bergelimpangan mayat-mayat serdadu Kerajaan Belanda serta Kerajaan Portugal sesudah ke-2 negara kerajaan itu habis digempur pasukan laut Kerajaan Inggris. Inggris menang dalam perang itu.

Kamis, 30 Mei 1619, JP Goen mengalahkan kembali sekalian kuasai Jayakarta. Waktu itu armada Kerajaan Inggris telah tak ada lagi lantaran sudah pergi berlayar menuju Australia, meninggalkan Jayakarta. Tengah armada (laut Kerajaan Portugal pergi menuju ke lokasi ujung timur Nusantara, tepatnya di Timor Timur.

" Jayakarta pada th. itu masuk lembaran baru. Nama Jayakarta dirubah Kerajaan Belanda jadi Batavia. Nama Batavia ini datang dari nama Batavieren, bangsa Eropa sebagai nenekmoyang Kerajaan Belanda, " tukas Muhammad Isa Ansyari SS.

VOC awal mula jadikan Batavia sebagai pusat perdagangan serta pemerintahan. Dengan kepiawaian kompeni melalui intrik serta politik adu domba atau cfewtte et impera pada raja-raja di Nusantara. Semua lokasi Nusantara dijarahnya. Kejayaannya juga berjalan cukup lama.

Th. 1798. VOC jatuh serta dibubarkan. Kekuasaan, harta benda serta utangnya yartg 134, 7 juta gulden di ambil alih Pemerintahan Kerajaan Belanda. Rabu, 1 Januari 1800, Indonesia mulai sejak itu diperintah segera oleh Pemerintah Kerajaan Belanda. Satu majelis untuk masalah jajahan Asia lantas didirikan.

Tetapi, awal Maret 1942, Kerajaan Jepang merebut kekuasaan dari Kerajaan Belanda pada Perang Dunia ke-2. Nama Batavia dikubur balatentara Kerajaan Jepang. Serta, nama Jakarta menggantikannya hingga saat ini. adsense 336x280

0 Response to "Kronologis Peristiwa Penting kota jakarta"

Posting Komentar